Menu

MAJOR LEAGUE BASEBALL

Leave a comment

Major League Baseball (MLB) adalah level tertinggi baseball profesional di Amerika Utara atau biasa di kenal dengan Liga utama baseball Amerika .idirikan sekitar akhir abad 19, MLB masih eksis sampai sekarang dan mampu membuat baseball menjadi salah satu olahraga paling terkenal di Amerika Serikat, bersama American Football dan Basket.

Inilah sejarah MLB yang dilansir dari pecintabaseball.wordpress.

Sejarah awal MLB tak bisa dilepaskan dari sejarah baseball sendiri. Sejarah liga ini dimulai ditahun 1860-an ketika terjadi perang sipil di Amerika Serikat. Waktu itu, style baseball “New York” (entahlah bagaimana mengartikannya) berkembang menjadi sebuah pertandingan berskala nasional dan kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya asosiasi awal bernama The National Association of Base Ball Player (NABBP). NABBP berjalan sebagai liga amatir yang bertahan selama 12 tahun. Ada sekitar 400-an anggota yang tergabung didalamnya. Kemudian tim-tim terkuat di bagian utara AS membentuk sebuah tim baseball profesional pertama pada tahun 1869, bernama Cincinnati Red Stocking.

Terbentuknya tim profesional ini membuat NABBP sempat berada 2 masa organisasi : Satu untuk organisasi Amatir dan satunya untuk yang profesional. Untuk Amatir, disebut National Association of Base Ball Players, kemudian disingkat menjadi National Association (NA) yang dibentuk tahun 1871. Organisasi amatir ini hanya bertahan beberapa tahun saja. Tim yang menjejak sejarah dari NA adalah Chicago Cubs dan Atlanta Braves.

Yang satunya, organisasi profesional, disebut National Associaton of Base Ball Clubs (yang dikemudian hari kita kenal sebagai National League (NL)) dibentuk tahun 1876 menggantikan NA yang kurang efektif. Banyak peraturan baru dibuat untuk membuat liga berjalan dengan profesional. Klub punya kuasa lebih besar untuk kontrak pemain, mencegah mereka berpindah ke tim yang membayar mereka lebih besar.

 Juga, tim yang berada di organisasi ini diharuskan bermain selama satu musim penuh, tak seperti di NA dimana mereka bisa menyudahi jadwal jika mereka sudah tak punya kesempatan bersaing untuk meraih gelar. Pertandingan NL pertama di tahun 1876 kemudian dianggap sebagai salah satu poin terbentuknya MLB.

Toh, ada juga yang tidak puas dengan format NL ini dimana kemudian ada rivalitas di liga yang sangat kental dan pemberontakan para pemain yang tidak terima dengan “reserve clause” (tak kuartikan untuk menghindari salah paham) sehingga membuat mereka bisa bebas berpindah tim. Liga tandingan pun terbentuk bernama American Association (AA) dari tahun 1882 sampai 1891. Liga ini disebut “liga bir dan whisky” karena banyak klub yang memperbolehkan penjualan minuman beralkohol untuk penonton.

Selama beberapa tahun, juara dari AA dan juara dari NL dipertemukan dalam format post season championship –cikal bakal world series di MLB-. Kedua liga kemudian digabung pada 1892 sebagai sebuah liga tunggal yang terdiri dari 12 tim, namun pihak NL kemudian menggugurkan 4 tim setelah musim 1899. Ini kemudian menjadi cikal bakal berdirinya American League (AL) pada tahun 1901 dibawah presiden American League (AL) Ban Johnson. Format AL dan NL ini bertahan hingga sekarang.

Major League, yang merupakan liga utama bisbol yang ada (liga utama Amerika Serikat) biasanya terdiri dari pemain 25 masing-masing tim.

Pada pertengahan musim, sekitar bulan Juli, diadakan pertandingan antar bintang dengan pemain-pemain bintang dari AL (American League) melawan bintang-bintang dari NL (National League) yang dinamakan Major League Baseball All-Star Game yang para pemainnya dipilih berdasarkan pilihan fans. Selain itu para pemain yang ikut All-Star Game memakai seragam timnya. Selain itu, sebelum All-Star Game, ada kontes yang dikenal dengan nama Home Run Derby, di mana pemain-pemain yang terpilih mengadu kebolehan dalam membuat home run.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *